Background Image

Pura Batu Kursi, Buleleng

Pura Batu Kursi Jalan Raya Pemuteran Pemuteran Gerokgak Kabupaten Buleleng

Pura Batu Kursi Buleleng

Bagi Anda yang suka traveling, Pura Batu Kursi Buleleng lah yang cocok untuk Anda kunjungi sebab tempat  tersebut cukup terkenal bagi para kalangan penikmat perjalanan atau traveler. Sebab terdapat barisan-barisan bukit.

Pada puncak Batu Kursi aslinya terdapat sebuah pura kecil dan banyak juga umat Hindu tangkil datang ke Pura tersebut. Dan jika Anda berkunjung ke sana jangan lupa membawa bekal minuman karena untuk sampai pada puncak bukit, Anda harus melewati ribuan Anak tangga. Namun, Anda harus yakin selama melewati anak tangga tersebut kesulitan dan rasa capek akan terobati dengan adanya suasana disekelilingnya yang sangat indah sekali.

Jarak parkir dengan lokasi tangga kurang lebih hanya 50 meter saja. Dan jika Anda ingin menuju kawasan bukit yang sudah ada tangganya, maka Anda perlu membeli tiket dulu dengan harga Rp 5.000 untuk satu orang dan Anda juga akan mengisi buku tamu yang telah diberikan oleh petugas jaga di sana. Namun, harga tersebut hanya untuk tamu lokal. Mungkin untuk bule harganya akan berbeda. Setelah membeli tiket Anda langsung saja menuju tangga untuk mendaki bukit. Tangga di sana juga lumayan banyak sehingga cukup bisa menguras tenaga kalau naik ke sana pada siang hari dengan terik matahari  yang begitu menyengat.

Pemandangan dari kecamatan Gerokgak dan sekitarnya akan menjadikan Anda akan memanjakan mata untuk memandangnya. Sebab, panorama biru teluk pemuteran terlihat sangat indah dengan sejumlah perahu tradisional yang sedang bersandar terlihat sangat kecil dan juga perahu-perahu yang lalu lalang di atas birunya laut.

Pada waktu liburan tiba, Bukit Kursi tersebut akan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Para wisatawan domestik banyak berdatangan dari luar kabupaten Buleleng. Sementara para wisatawan asing yang sering berkunjung ke daerah tersebut biasanya untuk menyusuri jalur trekking. Dan sebenarnya di bukit Kursi berdekatan dengan tempat wisata lain seperti pulau menjangan. Maka, setelah lelah mendaki bukit Kursi Anda bisa langsung menikmati alam bawah laut di Desa Pemuteran melalui snorkeling ataupun diving.

Kemudian disebelah timur kawasan bukit Kursi ini adalah kawasan latihan militer milik TNI. Dan beberapa lokasi untuk latihan militer juga terdapat dibelakang perbukitan Pura Pelaki yang berdekatan dengan Pura Melanting.

Jika Anda berkunjung ke Bukit Kursi tersebut akan merasakan suasana yang berbeda ketika pada dua musim yang berbeda. Jika Anda berkunjung pada waktu musim kemarau, kawasan ini sangat kering keronta-ronta tetapi tetap memunculkan keindahan dari Bukit Kursi tersebut. Jika Anda berkunjung pada waktu musim penghujan, bukit tersebut akan sangat hijau dan padang savanna akan tumbuh di mana-mana di seluruh perbukitan.

Dan bila Anda ingin datang ke bukit Kursi tersebut tidak perlu khawatir sebab di sana sudah tersedia beberapa fasilitas seperti parkir yang luas, toilet untuk para pria dan wanita. Di sana juga terdapat warung yang telah menyediakan berbagai macam makanan dan juga terdapat rental PS bagi Anda yang hobi bermain PS.

Saran untuk Anda yang mau mengunjunginya jangan membuang sampah sembarangan, sebab di atas tidak ada tong sampah. Maka jika Anda menikmati makan di atas tolong Anda bawa turun sampahnya. Dan jika Anda membuang sampah sembarangan akan menjadikan tempat tersebut tidak nyaman.

Itulah tadi beberapa penjelasan tentang Bukit Kursi yang bisa Anda nikmati dengan keindahan dan kenyamanan yang baik sekali.

Selamat mencoba.

 

image source:

@chuapit | @edytembles | @ocahhhh | @fitriyanilu

No Reviews

Post a Comment

Write a Review

Pura Batu Kursi Jalan Raya Pemuteran Pemuteran Gerokgak Kabupaten Buleleng

Get Directions